Masyarakat Indonesia Semakin Jago Berbahasa Inggris
Sumber: jawaban.com

Nasional / 24 November 2013

Kalangan Sendiri

Masyarakat Indonesia Semakin Jago Berbahasa Inggris

Budhi Marpaung Official Writer
3705

Sebuah lembaga pendidikan bahasa asing mengungkapkan hasil penelitian berkaitan dengan kemampuan masyarakat Indonesia dalam berbahasa Inggris. Berdasarkan studi yang dilakukan English First beberapa waktu lalu, kemampuan Bahasa Inggris masyarakat Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam kurun enam tahun belakangan. Kemajuannya mengalahkan negara-negara Asia lainnya dan bahkan Prancis, Rusia, dan Brazil.

"Hal ini disebabkan oleh berkembangnya kelas menengah di Indonesia," ujar Executive Vice President EF English First, Lars Berg, sebagaimana dikutip dari tempo.co, Sabtu (23/11).

Mereka, menurut Lars, pada umumnya mendalami bahasa Inggris untuk mencari penghidupan yang lebih layak.

Dari 60 negara yang diteliti, indeks kemampuan berbahasa Inggris alias English Proficiency Index (EPI) Indonesia menempati peringkat 25 negara. Meski begitu, posisi ini masih kalah jika dibandingkan Malaysia atau Singapura yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.

Lars sendiri meyakini EPI Indonesia akan terus naik seiring dengan masuknya perusahaan-perusahaan asing ke Indonesia dan menanam modal disini.

Suka atau tidak, bahasa Inggris memang harus dikuasai atau dipelajari karena bila ini diabaikan kita akan sulit bersaing dengan warga dari negara-negara lain. Jika sudah begitu maka yang rugi pasti kita lah juga. 

 

Baca juga :

Bahasa Inggris Jokowi Tetap Beraksen Jawa

Berpijak Pada Firman-Mu

Terima Kasih Mitra CBN, Saya Mendapatkan Pekerjaan Baru

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI  


 

Sumber : tempo.co / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami